Memakai narkoba untuk menjadi gaul? Kata siapa? Oooh … Tidak bisa. Pemikiran seperti itu adalah SALAH BESAR. Apa sih pengertian dari gaul? Ikut trend? Setiap orang mungkin memiliki persepsi masing-masing mengenai apa yang dimaksud dengan gaul. Namun berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yang dimaksud dengan gaul adalah hidup berteman atau bersahabat. Nah, sekarang mari kita tinjau, gaul dari mana sih pemakai narkoba itu?

Secara garis besar, kita semua tahu bahwa narkotika dan obat terlarang serta zat adiktif / psikotropika adalah jenis obat yang dipakai dalam bidang kedokteran untuk menangani masalah-masalah tertentu pada pasien. Apabila obat tersebut dikonsumsi masyarakat secara umum tanpa resep yang pasti, maka dapat menyebabkan efek dan dampak negatif bagi pemakainya. Rasa tenang dan halusinasi yang ditimbulkan akibat pengonsumsian narkoba dimanfaatkan oleh oknum-oknum jahat untuk mencari keuntungan sehingga pemakai narkoba membeli barang haram tersebut dengan harga yang sangat tinggi. Bahkan harganya dapat melebihi satu juta rupiah. Apa yang mau dipamerkan? Ingin pamer punya uang banyak? Betapa bodohnya ia, jika hanya membuang uang yang begitu banyak hanya untuk obat semacam racun tikus. Bahasa kasarnya sih ‘Bego amat sih lu!’. Sekarang mari kita lihat, banyak barang-barang bagus dan keren di toko, di mall, dan sebagainya, yang menanti anda untuk dibeli. Baju baru, tas baru, bahkan mobil baru, barang-barang tersebut jauh lebih layak anda beli dan anda pamerkan daripada barang tak bermerk seperti narkoba. Anda mau pamer seperti apa jika anda memakai narkoba? Anda akan berpose seperti mencit yang menjadi organisme percobaan Enterobacter sakazaki dengan mulut berbusa menanti ajal? Anda pilih yang mana?

Pemakai narkoba membuat anda jadi terkenal? Ya. Terkenal di area rumah sakit. Terkenal di antara para suster dan dokter sebagai orang yang sering datang kembali akibat efek deperesi atau sakau yang kambuh. Menjadi perbincangan negatif masyarakat. Orang tua anda dengan susah payah membiayai pengobatan anda. Bandingkan apabila biaya tersebut anda gunakan untuk melanjutkan mencari ilmu dan akhirnya anda berhasil menjadi seseorang dengan prestasi mendunia. Dikenal sebagai pribadi yang sukses. Mendapat penghasilan yang luar biasa. Seluruh dunia mengenal anda. Bahkan anda bisa saja memanfaat ketenaran anda untuk berkenalan denga artis pujaan anda. Siapa yang tidak mau?

Maka pikir ulang karena keterlibatan narkoba hanya membawa sesat. Jagalah jarak anda dengan narkoba. Isilah hidup anda dengan makanan sehat, ilmu yang bermanfaat, dan ruhaniah yang terjaga.